Pemkab Samosir Gelar Advokasi, Koordinasi, dan Bimtek Pokjanal Posyandu

Pemkab Samosir melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan advokasi, koordinasi dan Bimtek Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, Puskesmas, Camat, PKK dan Mitra Dalam Pengelolaan Posyandu Dalam Transformasi Layanan Primer.

topmetro.news – Pemkab Samosir melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan advokasi, koordinasi dan Bimtek Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, Puskesmas, Camat, PKK dan Mitra Dalam Pengelolaan Posyandu Dalam Transformasi Layanan Primer.

Berlangsung di Aula Hotel Aek Rangat, Pangururan, Kamis (14/3/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang ST MM dan diikuti peserta sebanyak 66 orang. Yakni, terdiri dari lintas OPD, TP. PKK, kepala puskesmas, kepala desa/lurah dan kader posyandu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang ST MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbicara posyandu harus melibatkan seluruh stakeholder. Serta berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing. Saat ini, pelayanan kesehatan yang fokus ke arah pencegahan, merupakan transformasi kesehatan. Yakni transformasi layanan primer yang ada puskesmas dan posyandu.

“Sekarang posyandu bisa melayani bayi, ibu, anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia,” kata Hotraja.

Pembentukan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu, kata Hotraja memiliki peran yang sangat penting dalam memberdayakan masyarakat. Terutama dalam hal meningkatkan derajat kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi.

“Kelompok kerja ini terdiri dari lintas OPD, PKK dan mitra lainnya. Maka bagaimana kita menyatukan gerak dan sikap dalam membesarkan peran posyandu dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Hotraja.

Hotraja juga berharap, sebagai wadah yang multifungsi dan multisektor, pokjanal ini harus memiliki kegiatan dan program yang langsung berdampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir.

Kegiatan bimtek pokjanal juga berisi penyampaian materi oleh narasumber. Yakni Jonny Siagian SH MM (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Sumatera Utara). Serta dr Dina Hutapea (Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir).

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment